Mustang (2015)

Gue udah nunggu ini dari tahun kemaren. Bersama The Wolfpack di jajaran film tentang overprotective family, of course this movie is on my watch list.

Desas-desusnya dari awal sih ini kayak The Virgin Suicides karya tante Sofia Coppola, adik-kakak perempuan semua yang ‘dikurung’ dalam rumahnya sendiri. Gak salah sih. Emang mirip, bahkan lima bersaudara juga.

Bedanya, kalau The Virgin Suicides topiknya tentang, yha, suicides, kalau Mustang topiknya lebih luas lagi. Dari child marriage, basic misogyny, seksualitas, perkosaan, dan persoalan selaput dara. Tapi dua-duanya sama-sama nunjukin kalo ‘mengurung’ itu malah bikin jadi depresi dan tertekan sih. ya rabb tanganku gatel ingin curcol.

Mustang berlatar belakang di sebuah desa di Turki, diawali dengan 5 kakak beradik bermain di tepi pantai bersama teman-teman cowoknya, ternyata permainan mereka menjadi buah bibir tetangga dan sampai ke telinga nenek dan pamannya. Karena orang tua mereka telah lama meninggal, di bawah asuhan nenek dan pamannya, mereka tidak dibolehkan keluar rumah lagi, bahkan untuk bersekolah.

Buat gue sih ini jauh lebih keren dari The Virgin Suicides, karena emang hal ini sering terjadi dan masih terjadi di desa-desa di seluruh dunia. Dan Mustang benar-benar memperlihatkan betapa konyolnya perlakuan terhadap remaja-remaja perempuan ini.

Ada satu scene saat malam pertama salah satu dari lima bersaudara itu, orang tua pihak lelaki meminta seprainya untuk dicek bercak darah tanda selaput daranya telah robek. I mean, that’s just downright ridiculous. But it’s also true, orang-orang masih menghakimi wanita dari ada atau tidak ada selaput daranya.

Film ini juga menunjukan logika keluarga yang menikahkan anaknya di usia dini, di mata mereka, anak perempuan lebih baik cepat dinikahkan agar tidak beredar desas-desus anaknya bukan orang baik-baik, atau bahkan karena anaknya ketauan sudah bukan perawan lagi lalu harus cepat-cepat dinikahkan ke siapa pun yang mau. Anak perempuan masih diperlakukan seperti boneka yang gampang rusak dan tidak bisa berdiri sendiri.

Kalau The Wolfpack membuat gue rada kecewa, Mustang totally exceeds my expectations. Such a great and important movie that everyone should watch. Watch this, and keep in mind that this is actually still happening all around the world.

I’m so fucking mad and furious after I watched it huhuhu.

Movie Rate: 9/10

Advertisements

3 thoughts on “Mustang (2015)

    1. Gue justru punya ekspektasi yang tinggi sih. Soalnya film ini buzz-nya rame banget sepanjang musim festival tahun kemarin. Dan ternyata memang gak mengecewakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s