Siti (2014? 2016?)

Siti-Poster

Akhirnya…

Ini pertama kalinya gue ngerasa bener-bener punya suara di perfilman Indonesia. Dengan plot klise ftv “Ibu muda galau sama polisi ganteng pas suaminya lagi lumpuh karena kecelakaan”, Siti berhasil menceritakan perjuangan menjadi seorang istri dan seorang ibu yang amat sangat berat dengan se-realistis mungkin. Lah anyign lu masih bocah ngapain koneknya sama perasaan emak-emak.

Siti harus menjadi ibu rumah tangga sekaligus mencari nafkah untuk keluarganya semenjak suaminya menjadi lumpuh. Dengan bekerja sebagai penjual peyek dan ‘pemandu’ karaoke (semacam stripper dengan kearifan lokal ternyata), Siti juga harus berusaha untuk melunasi hutang suaminya (Asu kamu, mas!).

Yawloyawloyawlo. Batin gue lelah banget nonton ini. Buat yang gak ngerti pasti pada bosen atau ketiduran atau mainan hp sambil nonton gara-gara scenesnya satu take panjang banget, kadang cuman ngeliatin suatu kejadian yang bikin “yaudah iye tau terus kenape”. Tapi itu! Itu rasanya jadi Siti!

Salah satu adegan yang paling relatable: Pas Siti nyuci baju dan pas dia masak air. Kampret. Kalo gue tulis gitu ya kayak cuman “yauda terus dia nyuci sama masak trs knp namanya juga ibu-ibu”. LO HARUS LIAT MB SEKAR SARI MERANINNYA KAYAK GIMANA. MAU GUE SEMBAH SAMPE PRAMBANAN TAU GAK.

Semua karakter juga pas banget, yang lebay emang cocok lebay, yang polos emang cocok polos. Yang punya karaoke itu cinta sejati gue. Lagu karaokenya juga foreshadowing hahahahahahasampis.

Dan ternyata ini pake hitam putih dan rasio 4:3 buat ngegambarin kehidupan Siti yang tidak berwarna dan sempit. Eddie Cahyono minta disungkemin emang.

(Ini post apaan sih amburadul banget. Maap yak. Ini jam 1 pagi. Gue baru selesai belajar. Gue udah kayak gini ampir sebulan. Tolongin gue.)

Movie Rate: 10/10

2 thoughts on “Siti (2014? 2016?)

Leave a Reply

