Citizenfour (2014)

citizenfour-poster (1)

Film ketiga dari trilogi tentang langkah-langkah yang Amerika ambil setelah tragedi 9/11. Jika di dua film sebelumnya Laura Poitras menceritakan keadaan di Iraq saat dihuni Amerika (My Country, My Country) dan orang-orang yang berhubungan dengan Al-Qaeda (The Oath), di Citizenfour ia menceritakan langkah-langkah pengamanan yang dilakukan Amerika di negaranya (dan ternyata, seiring film berjalan, di negara lain juga).

Di awal tahun 2013, Laura yang memang sudah terkenal di kalangan whistleblower dihubungi oleh seorang anonim lewat email yang isinya merupakan kode-kode. Anonim ini awalnya memakai nama samaran yaitu, Citizenfour. Ia mengklaim bahwa dia mempunyai bukti-bukti NSA (salah satu badan keamanan Amerika) diam-diam melakukan pengawasan ilegal (menyadap data-data telepon, bank, kartu kredit, dan internet masyarakat awam) dalam kerjasama dengan badan-badan intelijen negara-negara lain.

Buat gue yang gak terlalu merhatiin ini film sebenernya tentang apa pas mau nonton ini di Europe On Screen 2015 kemarin, awalannya gue bingung tiba-tiba ritme ceritanya udah cepet. Tapi terus 20 minutes in gue baru ngeh kalo “Lah, gue tau deng berita ini” haha. Dan lama kelamaan ritmenya akan makin melambat (gak lambat banget sampe bikin bosen) dan penonton jadi kayak dikasih kesempatan buat mencerna informasi-informasi yang telah diberikan selama 45 menit terakhir ini.

Karena ini film Inggris, kemarin di Europe On Screen nyetel ini gak pake subtitle, jadi gue gak terlalu ngerti detailnya dan akhirnya nonton lagi dirumah. Ya.

Edward Snowden (Citizenfour) cuman mau publik untuk tau tentang “program-program” yang dibuat NSA ini dan dia ingin pubik yang memutuskan apakah program ini dibiarkan berjalan atau diberhentikan. Karena menurut dia, dengan pemerintah ngawasin semua orang di dunia ini (yep, ngawasinnya gak cuman di Amerika doang), aturan free speech gak bakal berlaku lagi. Karena rakyat akan merasa tertekan oleh kekuatan pemerintah dan akhirnya ini akan mengubah status sosial menjadi “The ruled (masyarakat) and the ruling (pemerintah), not the elected and the electioneer”.

Satu-satunya hal yang membatasi pemerintah untuk benar-benar melakukan program ini adalah prinsip dasar dari pemerintahan di Amerika sekarang ini. Jika Obama digantikan nanti dan penggantinya mengubah prinsip dasar pemerintahan Amerika dan ia membolehkan pengawasan masyarakat, ya ludes.

Ini juga bukan tentang free speech doang. Dengan adanya program ini yang sebenarnya hanya mengumpulkan data kayak kapan dan dimana suatu hal terjadi (ex: Si A belanja di X jam sekian), pemerintah bisa menghubungkan semua kejadian, transaksi, dan orang-orang yang kita kenal, untuk menyalahkan kita akan sesuatu yang sebenarnya bukan salah kita. Jadi kalaupun orang itu polos, baik, gak bersalah, dia bisa aja ditangkap atas pembunuhan karena program ini hanya cross-referencing data-data yang ada.

Buat yang emang suka banget sama whistleblower thingy, kalian bakal amat sangat bahagia dengan film ini karena dewa whistleblower aka Julian Assange ada disini. Ada beberapa whistleblower lain but I don’t really know them. And I’m just going to spit it out here that I really like Jacob Appelbaum’s style.

Gue rasa film ini salah satu dokumenter penting yang semua orang harus tau. Laura, Edward, Glenn, dan beberapa orang lainnya yang berpartisipasi dalam menguak informasi ini ke publik mempertaruhkan kehidupannya and I thank them for that. 

Dokumenter ini diakhiri oleh satu lagi blow-up yang amat-sangat wtf dan pas banget untuk mengakhiri film ini. So, if you feel like I’ve spoiled the whole movie for you here, watch it for the ending.

Update 19/5/15: Fyi, disini lumayan banyak istilah politik jadi mungkin bakal rada bingung nontonnya. Tapi biar kena sama endingnya, yang harus tau banget menurut gue itu “Potus”. Potus itu singkatan dari President Of The United States. Kenapa gue ngasih tau ini? Biar kalian mencret dicelana syok sama akhirannya.

Movie Rate: 9/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s