Birdman (The Unexpected Virtue Of Ignorance)

image

Akhirnya nonton Birdman.
Oke. I see what all the fuss is about. Directing A++++. Michael Keaton A++. Drum score A+++++++. Editing and Cinematography A+++++++++++ Tapi apakah Birdman pantas mendapatkan Best Film Oscars?
Keaton memerankan bekas aktor superhero Hollywood yang mencoba untuk bangkit lagi dengan membuat pertunjukan Broadway dengan dia sebagai lead actor. Egois, narsis, depresi, mentally unstable, delusional, itulah karakter yang diperankan Keaton.
Jadi gini, sekarang gue ngerti kenapa Birdman dan Keaton udah dapet banyak award.
Point A: Cinematography, Editing, Directing, Cast and Crew semuanya bersama-sama menyempurnakan film ini agar benar-benar terlihat seperti 2 jam syuting tanpa cut. Setelah gue research, ternyata mereka transisi scenes nya pas lagi kayak ngegeser horizontal gitu, karena pas lagi gerak, gambarnya jd lebih blur dan mereka bisa lebih mudah editingnya, terus dibantu coloring ulang biar lebih nyatu. Gue sungguh gak nyangka itu caranya mereka buat ini. Dan walaupun emang mereka gak one endless single shot kayak theatre beneran, per shot nya juga itu masih panjang. Disitulah kesulitan untuk aktornya.
Point B: Michael Keaton deserve to be the Best Actor. Karena dia harus bener bener hafal linenya. Per scene pas syuting itu bisa 10 menit baru cut, karena pas banter dialog itu gak di cut sama sekali, jd kalo ada yg lupa line dikit aja di pertengahan, mereka harus balik lg dari awal. Bahkan katanya, Michael Keaton sampe hafal bener berapa langkah yg harus dia ambil dilorong.
Point C: Gue rada hampa selesai nonton ini karena a) gue gak ngerti akhirannya dan b) gue bego. Setelah gue research, ternyata mereka pake banyak foreshadowing dan subtext which i LOVE. jadi ya, pada akhirnya setelah googling banyak tentang film ini, gue jadi jatuh cinta sama Birdman.
Movie rate: 9/10

Leave a Reply

