Selma (2014)

image

Gue udah nonton Selma dari kapan tau tapi baru sempet nulis sekarang haha. Jujur, gue gak tau Martin Luther King itu siapa dan apa yg telah dia perbuat sebelum gue nonton film ini, parah banget i know, dan setelah gue nonton Selma, Alhamdulillah sekarang gue udah tau what a great man he was.
Jadi ceritanya di daerah Selma, Alabama tahun 1960-an, orang-orang berkulit hitam masih belum diperlakukan sederajat dengan orang-orang berkulit putih. Orang-orang berkulit hitam sudah boleh ikut pemilu, tetapi masih dipersulit oleh pemerintah setempat dan pada akhirnya mereka tetap tidak dihitung suaranya.
Dr. Martin Luther King yang baru saja menerima Nobel Prize Award mengunjungi presiden Amerika Serikat, Lyndon B. Johnson, untuk meminta pertolongan dan agar rakyat kulit hitam dibantu oleh presiden. Saat itu Presiden Lyndon menolak memberikan pertolongannya.
Akhirnya Dr. Martin Luther King bersama teman-teman aktivisnya pergi ke Selma untuk memantau langsung keadaannya dan memutuskan dan mengajak semua rakyat kulit hitam di Selma untuk march ke register office dipimpin oleh Dr. Martin Luther King, tapi disitu mereka dilarang untuk memasuki register office oleh Sheriff lokal.
Selanjutnya, rakyat kulit hitam march malam-malam tanpa didampingi Dr. Martin Luther King dan mereka di-ambush oleh polisi setempat. Semua rakyat kulit hitam melarikan diri dari serangan polisi, tapi sayangnya ada satu korban jiwa yg ditembak oleh polisi.
Selma to Montgomery march sendiri terjadi dua kali. Dan dua dua-nya berhasil membuat gue meneteskan air mata duka dan bahagia. Setelah itu, kelompok aktivis Dr. Martin Luther King march sampai ke Washington D.C. untuk mendesak presiden agar diubah hukum pemilu untuk rakyat kulit hitam.
Gue nonton ini nangis sampai 4 kali karena ini kejadian nyata, this is real cruelty that has happened. And unfortunately, these cruelty towards black citizens still happens today.
Gue kesel banget David Oyelowo yg memerankan Martin Luther King nggak dapet nominasi Best Actor di Oscars, padahal aktingnya disini tuh bener bener standing applause material. Gue nangis dan bener-bener kebawa emosi oleh pidatonya and he doesn’t get a nomination?! F*ck you, Oscars.
Gue juga gak ngerti kenapa Ava Duvernay gak dapet nominasi di Best Directing. I dont know, man, Oscars eek banget tahun ini.
Gue berharap Selma menang Best Film (thank God they have enough brain to make it into nomination) karena seluruh orang harus tau masalah rasis ini, masalah yang sampai sekarang masih ada dan masih merenggut nyawa. And also, this is the best and most important film in the nomination, so if Birdman actually won again, I’m gonna lose my shit.

Movie Rate: 10/10

Leave a Reply

