Review Film: Whiplash

image

Andrew, seorang siswa drummer di sekolah musik terbaik di Amerika dan mempunyai potensi tinggi, direkrut oleh guru ‘setan’ sekolah tersebut, Fletcher, untuk menjadi alternate drummer di studio band nya.
Fletcher yang dimainkan oleh J.K. Simmons adalah seorang maestro yang bersifat keras dalam mengajarkan muridnya. Fletcher membimbing murid-muridnya dengan kekerasan mental dan fisik. J.K. Simmons benar-benar menyikat habis peran ini. Bahkan auranya pun berakting. All the awards to the man, please.
Miles Teller yang berperan sebagai Andrew juga tidak kalah hebatnya. Bermodal tatapan kosong dan muka ngeden, Teller berhasil menyampaikan perasaan tertekan karakternya.

Saya sudah menunggu berbulan-bulan untuk film ini dan sudah jatuh cinta sejak pertama melihat trailernya. Ekspektasi saya jelas sangat tinggi untuk Whiplash, dan setelah AKHIRNYA menonton, film ini berhasil melewati batas ekspektasi saya.
Sudah terlihat jelas dari trailernya kalau ini sangat sangat psychological thriller, tapi saya sungguh tidak menyangka akan dibuat susaj bernafas sepanjang film saking tegangnya. Mungkin saya memang punya sisi lembut untuk film bergenre Music dan Drama, tapi ini memang sungguh menakjubkan.

Dari segi musik, Justin Hurwitz berhasil membuat score yang indah ketika dimainkan dengan penuh tekanan. Intense dan indah. Di beberapa bagian score saya sampai menahan nafas karena temponya sungguh gila dan pressure nya sangat terasa.
Dari segi drama, Fletcher’s cunningness won the movie with Andrew’s psychological condition. Sekali lagi, intense dan pressure.

This is not a movie that will make you cry, this is a movie that will build up your frustation and makes you tense with a more soothing coda and a perfect end.

Movie Rate: 9.5/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s